Universitas Budi Luhur menandatangani perjanjian kerjasama dengan Universitas Pelita Harapan

Salam Budi Luhur!

Pada 6 November 2019, Universitas Budi Luhur menandatangani perjanjian kerjasama dengan Universitas Pelita Harapan. Kegiatan kerjasama ini dilakukan dalam rangka mengembangkan pembelajaran daring (online) untuk mata kuliah Politik Luar Negeri Republik Indonesia yang diambil oleh mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional (Prodi HI) UBL dan mahasiswa Prodi HIUPH.

Penandatangan kerja sama  oleh Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM, dengan Rektor Universitas Pelita Harapan, Dr. (Hon). Jonathan L. Parapak  Prof. Aleksius Jemadu, Ph.D. Disaksikan oleh Elyzabeth Bonethe Nasution, S.I.P., M.A selaku Kaprodi Hubungan International (HI) Universitas Pelita Harapan  bersama  Prof. Aleksius Jemadu  dan Elistania, S.I.P., M.Si selaku Kaprodi Hubungan International (HI) Universitas Budi Luhur

Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., MM, selaku Rektor Universitas Budi Luhur berbahagia adanya Perjanjian Kerjasama ini untuk pembelajaran online (daring) mata kuliah kebijakan luar negeri indonesia. Kedepannya Perjanjian Kerjasama ini  bisa ditingkatkan dengan kerjasama lainnya.

Sebelumnya pada hari Jumat, 19 Juli 2019, Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak telah ditandatangani oleh Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM, dengan Rektor Universitas Pelita Harapan, Dr. (Hon). Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc yang saat itu diwakilkan oleh dosen pengampu matakuliah Politik Luar Negeri RI UPH Prof. Aleksius Jemadu, Ph.D.

Untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan lancar, pada 09 September 2019 telah diadakan briefing serta simulasi penggunaan tools dan menu e-learning oleh mahasiswa, yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Budi Luhur Bapak Dr. Rusdiyanta, S.I.P., M.Si, Ketua Prodi Hubungan Internasional Elistania, S.I.P., M.Si, Dosen pengampu matakuliah Politik Luar Negeri RI UBL Rizky Ikhsan, M.Si. Sementara pihak Universitas Pelita Harapan diwakilkan oleh Ketua Prodi HI Ibu Elyzabeth Bonethe Nasution, S.I.P., M.A dan tim e-learning dari Universitas Pelita Harapan. Adapun simulasi dilaksanakan di Ruang Teater Unversitas Budi Luhur.

Pemberian cenderamata dari Universitas Budi Luhur kepada Universitas Pelita Harapan

Program pembelajaran mata kuliah daring ini merupakan program hibah SPADA dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti) yang diberikan kepada UPH dan UBL menjadi partner utama program ini. Adapun program ini dilaksanakan agar dosen dapat meningkatkan pemerataan dan akses mahasiswa terhadap mata kuliah yang diampu. Materi diberikan oleh kedua pengampu dengan menampilkan ragam video talkshow antar dosen pengampu, hingga video conference yang dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan. Lebih dari itu, mahasiswa juga diberi tugas untuk melakukan wawancarake beberapa pemangku kepentingan dan kebijakan, khususnya Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi I untuk mengetahui bagaimana cara pengambilan keputusan dan kebijakan luar negeri pada level pemerintahan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *