Haruka : Saya suka makan dan nonton film.

Jakarta, 08 Januari 2020. Langit mendung, udara dingin, dan hujan yang turun tidak mengurangi kehangatan rekan-rekan Universitas Budi Luhur dalam menyambut kedatangan para mahasiswa(i) Kanda Institute of Foreign Language (KIFL) di Student Lounge, Kelas Internasional, Universitas Budi Luhur. Kali ke-enam KIFL mengutus para mahasiswanya untuk mengambil kuliah BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) selama satu semester di Univ. Budi Luhur.

Tahun ini ada lima orang mahasiswa(i) KIFL yang mengikuti program BIPA di Univ. Budi Luhur.  Terdiri dari dua mahasiswi dan tiga mahasiswa, mereka adalah Haruka, Renka, Sou, Tasuku, dan Tsubasa. Penyambutan yang dihadiri oleh Rektor Univ. Budi Luhur, Bapak Dr.Ir.Wendi Usino, M.Sc., MM, Koordinator Program Internasional Ibu Ririt Roeswidiah, para dosen pengajar BIPA; Ibu Anindya Putri, Ibu Zulvia Khalid, Ibu Saskia Lydiani, Ibu Iis Torisa Utami, dan Bapak Tri Haryanto, serta Bapak Feby Lukito selaku dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univ. Budi Luhur.

Rektor Univ. Budi Luhur menyampaikan dalam sambutannya, “Jangan sungkan untuk bertanya atau membutuhkan sesuatu, bicarakanlah kepada kami, karena kami adalah keluarga kalian di sini. Nikmati Jakarta, Indonesia, dan tentunya dengan segala budaya, bahasa serta keindahannya.” ujar Pak Wendi Usino.

Ibu Ririt Roeswidiah memberikan laporannya kepada Bapak Wendi Usino mengenai kedatangan Mahasiswa KIFL di Univ. Budi Luhur.

Jamuan minum teh serta kue tradisional Indonesia menjadi pembuka pertama para mahasiswa KIFL mengenali budaya Indonesia secara langsung. Mereka diminta untuk memperkenalkan diri masing-masing dengan menggunakan bahasa Indonesia. Haruka salah satunya yang masih malu-malu berbicara bahasa Indonesia, “Perkenalkan nama saya Haruka, saya suka makan dan menonton film.”

Para mahasiswa KIFL yang melanjutkan studi di Indonesia ini tentunya ditemani oleh para mahasiswa-mahasiswi IBMS (International Business Management Study) dan UKM Jancubu (Japanese Club). Peran serta teman-teman di kampus Budi Luhur dalam mendampingi teman-temannya dari KIFL adalah untuk memperlancar kefasehan mahasiswa KIFL dalam berbicara dalam Bahasa Indonesia. Begitu juga sebaliknya, teman-teman Univ. Budi Luhur juga dapat meluweskan percakapan mereka dalam berbahasa Jepang karena penutu aslinya ada bersama mereka.

Simbiosis mutualisme ini merupakan salah satu implementasi kerja sama antara KIFL dengan Univ. Budi Luhur yang sudah terjalin sejak tahun 2013. Di tahun 2020 ini beberapa mahasiswa Univ. Budi Luhur juga mengunjungi KIFL. Program pertukaran pelajar ke luar negeri ataupun kunjungan pelajar ke luar negeri ini tidak hanya ke Jepang atau Belanda, tetapi juga ke India, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan juga Vietnam yang merupakan kolega kerja sama Univ. Budi Luhur.

Artikel : Anindya Putri

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *