Mahasiswas Hubungan Internasional Melaksanakan National Vlog Competition Millenial Action For Sustainable Living

Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI), FISIP, Univ. Budi Luhur melaksanakan kegiatan National Vlog Competition: Millenial Action for Sustainable Living pada hari Rabu, 12 Februari 2020 di Auditorium Grha Mahardika Bujana, Universitas Budi Luhur. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu respon mahasiswa hubungan internasional terhadap komitmen bersama untuk menghadapi salah satu isu global yang genting yaitu krisis iklim.

Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti dalam pembukaan acara National Vlog Competition Millenial for Sustainable Living

Kasih Hanggoro, MBA menyatakan “Universitas Budi Luhur konsisten dan berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai kebudiluhuran di masyarakat salah satunya mengenai lingkungan hidup karena, Universitas Budi Luhur tidak dapat dipisahkan terhadap kegiatan sosial untuk masyarakat. Kedepan, Universitas Budi Luhur akan memiliki visi misi yang baru sebagai kampus sociotechnopreneurship yang berwawasan teknologi serta mempunyai sisi kegiatan sosial di lingkungan hidup. Harapan saya kegiatan ini sebagai aksi kecil dari mahasiswa Universitas Budi Luhur namun memiliki impact yang sangat besar untuk masyarakat agar konsern terhadap permasalahan lingkungan dan menjaga bumi” ujar Kasih Hanggoro, MBA  selaku Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti

Dr. Goenawan Brotosaputro, S.Kom, M.Sc selaku Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan memberikan kata sambutan kepada para undangan di acara Vlog Competition Millenial For Sustainable Living

Sambutan dari Bapak Dr. Goenawan Brotosaputro, S.Kom, M.Sc selaku Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mewakili Bapak Rektor Universitas Budi Luhur, “Kegiatan National Vlog Competition Millenial Action For Sustainable Living ialah lomba vlog dengan partisipan anak muda. Saya dan Rektor Universitas Budi Luhur berharap karya anak muda bangsa saat ini walaupun kecil tetapi akan berdampak besar untuk masyarakat dan bumi.” Ujarnya.

Diva Alya Maharani Diva Alya Maharani, Ketua Himahi (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional) angkatan 2019 Fisip HI mengutarakan bahwa perlombaan ini membantu menyadarkan generasi millennial akan pentingnya gaya hidup berkelanjutan, pola konsumsi dan produksi berkelanjutan yang merupakan hal paling mendasar untuk mengurangi emisi rumah kaca dan meningkatkan ketahanan terhadap dampak iklim yang tidak terhindarkan. Generasi millennial adalah generasi yang akan memperbaiki lingkungan di masa depan, maka dengan itu acara ini memanfaatkan peran elemen masyarakat secara khusus untuk pemuda.

Diva Alya Maharani selaku Ketua Penyelenggara dalam pembukaan acara Lomba National Vlog di Universitas Budi Luhur

Pada kesempatan wawancara Diva Alya Maharani mengungkapkan bahwa “National Vlog Competition Millenial Action For Sustainable Living merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membangun generasi muda agar sadar dan peduli terhadap permasalahan lingkungan saat ini. Melalui kompetisi vlog dengan tema kehidupan berkelanjutan inilah sebagai aksi nyata kami dari Himahi untuk menjawab tantangan permasalahan lingkungan bersama generasi muda. Jadi kita berharap kompetisi vlog ini sebagai sebuah aksi dengan berbentuk dokumentasi agar dapat digunakan oleh masyarakat luas untuk meningkatkan awareness lingkungan di masyarakat” ujarnnya.

Indonesia sendiri menjadi salah satu dari 195 negara yang menandatangani Paris Agreement sebagai bentuk komitmen  untuk meningkatkan respon global terhadap perubahan iklim. Kegiatan ini diharapkan sejalan dengan tujuan PBB yaitu untuk memperdayakan semua anggota masyarakat untuk terlibat dalam aksi iklim, melalui pendidikan, pelatihan, kesadaran dan partisipasi publik, dan kerjasama internasional dalam isu-isu ini. Kami meyakini bahwa tujuan yang kami harapkan tidak akan tercapai jika tidak melibatkan berbagai sektor masyarakat.

Melalui kegiatan Vlog Competition kami mendapatkan sekitar 70 tim yang terdiri dari berbagai wilayah seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Jabodetabek serta 200 partisipan yang menghadiri kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, pembicara yang ahli dibidangnya yaitu

  • Eko Purnomowidi (aktivis lingkungan hidup) merupakan seorang senior advisor dari Koperasi Klasik Beans. Klasik Beans adalah salah satu kopi yang ramah lingkungan di Indonesia dimana Klasik Beans secara aktif mempromosikan ekosistem berkelanjutan lewat menanam sembari peduli terhadap lingkungan. Eko Purnomowidi dianugerahi Change Agent Award pada 14th Annual Rainforest Alliance Sustainable Coffee Breakfast di Atlanta, Amerika Serikat,
  • Wikan Anantabrata adalah Co-Creator dari YouTube channel Frame & Sentences. Wikan juga merupakan Co-Owner dari 400 Kaki Narrative Space.
  • Ratu Vashti Anissa (Miss Earth Indonesia 2018) mewakili Indonesia dalam Miss Eco International di Mesir tahun 2019 dan berhasil masuk dalam sepuluh besar. Kini, Ratu Vashti menjadi generasi millennial yang aktif menyerukan “eco life style turut berperan dalam memberikan Workshop mengenai kehidupan berkelanjutan.

Pada kompetisi penilaian vlog, Francyne Harrigan (Acting Director UNIC), Wikan Anantabrata (co-creator of Framesentences), Naya Anindita (Film Director) sebagai juri yang menilai hasil pemenang. Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai komunitas yang turut berkontribusi memberikan coaching clinic, sosialisasi gaya hidup berkelanjutan, dan mengenalkan berbagai produk ramah lingkungan yaitu diantaranya Green Peace, WWF Indonesia, Greeneration Foundation, Segara Naturals, WRI Indonesia, Madani Berkelanjutan, Sendalu Permaculture, Akademi Kompos, Demi Bumi, I Love Energi Surya, Bank Sampah Budi Luhur, dan Agromedia Pustaka.

Pada 20 Februari 2020, sebagai malam penghargaan/ awarding night National Vlog Competition Millenial Action For Sustainable Living di Auditorium Grha Mahardika Bujana, Universitas Budi Luhur. Kegiatan ini sebagai puncak acara dengan menyampaikan nama pemenang lomba vlog dalam dua klasifikasi kategori SMA dan Umum.

Kategori SMA adapun juaranya diraih, SMAIT AT-Taufi sebagai juara kedua, SMAN 1 Anyer sebagai juara ketiga, dan juara pertama diraih oleh MAN 1 Yogyakarta. Pada kategori umum, Mangkubumi sebagai juara utama, Universitas Mercubuana meraih posisi kedua, dan posisi ketiga diraih oleh Universitas Brawijaya selain itu, Juara Favorit diraih oleh Beasiswa Nusantara Universitas Budi Luhur. (Editor: Salsabilla, Imelda)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *