Peluang Bisnis dan Pekerjaan Baru di Era Revolusi Industri 4.0

Dunia masih menggadang-gadangkan era Revolusi Industri 4.0 yang merupakan fase revolusi teknologi yang membawa perubahan terhadap banyak segi kehidupan manusia. Hal mendasar dari revolusi industri 4.0 adalah kecenderungan di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi Cyber. Pada era ini juga memengaruhi Cara beraktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, mengalami transformasi dari masa sebelumnya. Singkatnya, revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia. Kecenderungan ini telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk kegiatan ekonomi/ bisnis, dunia kerja, juga gaya hidup manusia itu sendiri. Perkembangan teknologi yang pesat ini tentunya telah dan akan terus  mendorong perubahan perilaku masyarakat, yang akan mendorong berubahnya dan terciptanya peluang bisnis dan pekerjaan baru. Pengetahuan mengenai peluang bisnis dan pekerjaan- pekerjaan baru yang akan muncul di era revolusi  industri 4.0 sangat diperlukan sejak awal, sehingga generasi muda dapat menyiapkan diri sedari awal. Salah satunya adalah memilih pendidikan yang siap menjawab kebutuhan pasar kerja. Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai masyarakat akademis beberapa dosen Universitas Budi Luhur mencoba untuk mengedukasi masyarakat diantaranya untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang kondisi yang akan dihadapi dan dapat meyiapkan diri sedari awal, menyusun career path sesuai dengan peminatan dan kebutuhan pasar kerja.

Brury Trya Sartana memberikan pemaparan kepada para siswa siswi SMA Budi Luhur

Brury Trya Sartana,M.M., M.Kom dan Dra.Ririt Roeswidiah, M.Kom mengedukasi para siswa dan siswi SMA Budi Luhur Karang Tengah mengenai peluang bisnis dan pekerjaan baru di era Revolusi Industri 4.0. Mengapa para pembicara tersebut sudah mengedukasi siswa siswi SMA, karena kesadaran akan peluang berbisnis dapat dilakukan oleh siapa pun dari skala umur berapa pun. Tidak menutup kemungkinan jika sedari SMA para siswa siswi sudah memiliki bisnis. Merintis bisnis di usia belia tidaklah menjadi halangan untuk terus menjadi insan yang kreatif. Dari situ, mereka dapat mengetahui mengenai perkembangan jaman yang serba canggih ini, dimana perubahan teknologi terjadi dengan sangat cepat. Perubahan tersebut juga bisa menghilangkan beberapa jenis pekerjaan yang sebelumnya ada, kemudian berubah menjadi suatu pekerjaan yang baru.

Manusia adalah makhluk adaptif sehingga semestinya dapat mengikuti setiap perubahan yang ada. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentunya dibutuhkan juga pengetahuan yang memadai mengenai setiap perubahan yang ada. Para siswa dan siswi SMA juga harus dibekali oleh beragam pengetahuan mengenai perkembangan keilmuan terkini. Harapan dari para pembicara ketika mengedukasi para siswa siswi SMA Budi Luhur ini dapat memudahkan mereka untuk memilih jurusan yang mereka minati. Pilihan jurusan yang ada di kampus Budi Luhur juga sudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kedepannya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *