DEBUT CEV01 MOTOR LISTRIK UNIVERSITAS BUDI LUHUR BERAKSI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Jakarta, 21 April 2020. Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur kembali memperkenalkan karya motor listrik yang diberi nama UBL CEV01 (Cargo Electric Vehicle Generasi 1). UBL CEV01 merupakan tantangan yang diberikan oleh Indonesia International Motor Show (IIMS) untuk memodifikasi sepeda motor Selis E-Max, dalam program Indonesia Custom E-Moto Expo & Championship). Bersama Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro yang dipimpin oleh Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur Ir. Sujono, MT, memodifikasi keseluruhan tampilan dan sistem kelistrikan motor dasar Selis E-Max.

“Seluruh tampilan dan system kelistrikan Selis E-Max diubah menjadi motor listrik UBL CEV01 dengan konsep modifikasi Zoomer. Tampilan motor sudah tidak seperti aslinya mulai dari rangka, dan body. Sedangkan jarak tempuh motor ditambah kapasitas baterai yang awalnya hanya 40 km full charge, sekarang mampu menempuh maksimum150 km dengan baterai Lithium,” ungkap Sujono. Konsep UBL CEVO1 untuk mengakomodasi kebutuhan kendaraan khususnya sepeda motor ramah lingkungan yang mampu bergerak cepat di perkotaan, serta untuk melayani antar barang.

Pengerjaan UBL CEV01 berlangsung singkat kurang lebih dua bulan dengan memodifikasi 90% motor dasarnya. Sedangkan spesifikasi UBL CEV01 antara lain, model : Zoomer, Motor : 1200watt, Battery : 60 Volt 80 AH, daya angkut seberat 150kg, kecepatan maksimumnya 50 kpj, dengan jarak tempuh 150 km.

Kasih Hanggoro, MBA, selaku Ketua Pelaksana Harian Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti menambahkan, ”Universitas Budi Luhur konsisten menjadikan Pusat Studi Kendaraan Listrik menjadi unggulan dalam riset kendaraan listrik kedepan. Setelah mobil BLITS dengan ITS, berubah jadi Neo BLITS. Lalu motor listrik UBL CEV01, sepeda listrik dan drone, dalam waktu ke depan UBL sedang membuat motor listrik BLITZ,”.

Masih menurut Kasih Hanggoro, motor listrki kini dikembangkan sesuai dengan nama projeknya UBL CEV01 (Cargo Electric Vehicle Generasi 1), dengan baterai kapasitas besar sesuai kebutuhan pasar Indonesia. Serta CEV01 memungkinkan untuk dipasarkan dan ikut membantu Pemerintah dalam upaya mencari energi alternative untuk kendaraan.

Bersamaan dengan itu UBL CEV01 turut berperan dalam program BLUtizen Morning Action Srikandi Universitas Budi Luhur membagikan masker dan kopi di hari Kartini (21/04). UBL CEV01 sebagai motor listrik cargo yang membawa masker untuk dibagikan ke pengguna jalan di sekitar Jl. Raya Ciledug Universitas Budi Luhur.  Pembagian masker dan kopi kepada pengguna jalan serta Aparat Negara yang turut menjadi bagian dari program CSR Universitas Budi Luhur selama pandemi Covid-19.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *