Kaka Slank Mengajak Generasi Muda Untuk Tetap Berkarya di Tengah Pandemi COVID-19

Jakarta 01 Juni 2020. Pekerja seni di tengah kondisi tentu juga merasakan bagaimana dampak Covid-19 telah merubah dunianya. Saat wabah ini belum hadir di tengah masyarakat bagi seorang musisi berlevel grup band, tentu mengumpulkan massa dalam satu tempat menjadi hal yang memungkinkan. Namun berbeda dengan kondisi saat ini, bagaimana kegiatan sosial dibatasi. Jangankan mengumpulkan masa dalam jumlah ratusan atau ribuan, untuk kegiatan sosial saja harus berjarak satu sampai dua meter. Tentunya, kondisi ini bukan untuk diratapi, tetapi bagaimana dihadapi bersamaan dengan karya-karya yang harus terus di cipta sebagai seorang seniman sejati.

Akhadi Wira Satriaji, atau yang akrab dipanggil ‘Kaka Slank’, menyatakan bahwa  bagaimana pun karya harus terus di cipta demi tuntutan sebagai penggiat seni dan juga sebagai seorang manusia yang tentu membutuhkan ekonomi di tengah kondisi pandemi. Bagi Kaka, untuk mengumpulkan massa sudah tidak ada lahan lagi, berbeda dengan film layar lebar dan sebagainya.

“Aku percaya kalau seni itu biasanya selalu mencari jalan menyesuaikan, terutama seniman-seniman biasanya yang aku tahu lebih cepat peka untuk menyesuaikan diri di segala macam kondisi,” ujarnya saat Webinar Universitas Budi Luhur yang disiarkan via YouTube secara langsung, Senin (1/11).

Diketahui, Grup Band Slank di masa pandemi Covid-19 ini telah meluncurkan single terbarunya berjudul “Pahlawan Jalanan”. Diakuinya, lagu yang didedikasikan bagi para pekerja jalanan seperti para ojol, pedagang-pedagang kecil yang harus bertahan di tengah kondisi Covid-19, berkolaborasi dengan perusahaan ojol dan Yayasan Anak Bangsa.

“Di tengah pandemi ini masih harus tetap berada di jalanan menjual jasa, petugas kebersihan atau pemulung atau tukang kopi yang naik sepeda. Ya kan itu orang-orang yang setiap hari mau enggak mau bekerja di jalan. Lagu itu didedikasikan buat mereka. Kita mau jajan juga akhirnya ojol, mau ngirim hampers ke ibu kita mereka yang antar. Jadi mereka amat sangat berjasa di tengah kondisi ini,” terang Kaka.

Percakapan asik bersama Kaka Slank.

“Belakangan kemarin sempat manggung streaming. Alhamdulillah sih, sebetulnya kita lagi cari formula yang seru untuk tetap bisa berkarya walaupun bukan full album. Tetapi kita tetap manggung walaupun cuma streaming online. Nggak terbatas, ya tetap harus kreatif,” tambahnya.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Humas Univ. Budi Luhur Alfan Harahap, Kaka mengungkapkan bahwa sebuah grup band bukan hanya kelompok band itu sendiri. Tetapi merupakan satu kesatuan dalam satu manajemen besar yang tentunya melibatkan banyak orang.

“Memang lagi mencari konsep bagaimana konser bisa mengumpulkan banyak orang tapi berbayar, karena kita di dalam satu kelompok band ada manajemen dan lainnya. Walaupun orang punya tontonan konser, media baru, tapi bisa berbayar. Kalau ketemu formulanya kita juga ingin mengedukasi orang bahwa mengapresiasi lewat karya streaming harusnya bisa berbayar juga. Artinya tetap menghargai musik,” ungkapnya.

“Manajemen dan artisnya harus bersinergi. Kita ada grup percakapan yang setiap hari update. apa yang akan kita lakukan,” tambahnya.

Kebijakan Plin Plan

Menjawab pertanyaan terkait kebijakan pemerintah soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kaka mengatakan, dalam hal ini kebijakan pemerintah terkait PSBB saat ini dirasa plin plan. Di satu sisi dirinya melihat ada kebijakan untuk disiplin, di sisi lain melunak. Untuk itu dia menegaskan, apabila ingin menerapkan disiplin, jangan dilonggarkaan.

“Jangan dikasih 50:50. Karena begitu kita kasih peluang, tidak akan jadi apa-apa dan akhirnya kurva tetap tinggi. Pemerintah mestinya dipenuhi orang yang punya ide bagus. Tapi sampai hari ini belum ada terobosan yang membuat masyarakat lebih baik. Maksudnya new normal orang disuruh lebih bersih, padahal orang sudah bisa dilakukan nggak mesti nunggu wabah. Sebelum wabah pun gue (saya-red) sudah nyuruh anak-anak cuci tangan terus. Bukan sesuatu yang baru kebijakannya. Belum ada terobosan untuk kasih solusi buat masyarakat,” tandasnya.

Blutizen belum menonton live Kaka Slank bersama Universitas Budi Luhur? Jangan sedih! Bisa tonton keseruan live bersama Kaka Slank di youtube https://youtu.be/MpBJYqvJrlo, jangan lupa subscribe kampusbudiluhur untuk update informasi-informasi terkini mengenai Universitas Budi Luhur #Salambudiluhur

Artikel Oleh : Salsabila
Editor Oleh  : Anindya Putri

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *