Peluang Berkarya Untuk Mahasiswa Universitas Budi Luhur di Praha

Di era “New Normal” seperti saat ini Universitas Budi Luhur terus mengadakan webinar #newnormalseries, Kali ini dengan tema “Ekspresikan Karyamu di Praha”. Webinar ini berlangsung selama satu jam setengah dengan pembicara Ibu Kenssy D. Ekaningsih selaku duta besar RI untuk Republlik Ceko, Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir Wendi Usino M.Sc., MM, Ka. Sub. Dit Kemahasiswaan Syahrul Awal, S.I.P, M.Si dan dihadiri oleh AMB Sunten Z Manurung, S.H Selaku Direktur Kerja Sama dan Humas.

Kegiatan Web Seminar Series bersamaKenssy D. Ekaningsis Dubes RI untuk Republik Ceko dan Universitas Budi Luhur

Kasus pandemi Covid-19 pertama kali terjadi pada 29 Februari 2020 sebanyak 3 kasus. Hingga 8 Juni terdapat 9.763 kasus, di mana 330 di antaranya meninggal dan 7.057 sembuh. Puncak pandemi di Ceko terjadi 27 Maret 2020 dengan terjadinya 373 kasus dalam sehari. Setelah itu terdapat kecenderungan menurunnya penambahan jumlah kasus. Ceko telah berhasil melewati masa krisis dan mencabut status darurat pada 17 Mei 2020.
Sehingga pemerintah pun mengeluarkan kebijakan dalam mengatasi pendemi ini diantaranya penutupan semua sekolah mulai 11 Maret 2020, larangan untuk berkumpul, penutupan seluruh wisata dan fasilitas publik seperti kastil, dan permberlakuan lockdown. Selain itu berdampak pula pada seluruh kegiatan budaya dan olahraga baik yang berskala besar dan kecil dibatalkan, seperti konser Celine Dion (Mei 2020), Festival of Embassies (Juni 2020).
“Sekolah dari rumah tapi PPI Ceko rutin menyelenggarakan webinar dengan berbagai tema. Sekarang di Ceko semua sudah kembali normal seprti cafe sudah buka, sudah bisa keluar rumah, dan kampus buka pada bulan Juli. Selain itu segi positif dari pandemi ini yakni membuat kita bisa melihat betapa cantiknya alam Praha ini” Ujar Kenssy D. Ekaningsis Dubes RI untuk Republik Ceko.
Ketika ditanya perihal cara untuk memamerkan karyanya di Praha, Dubes Republik Ceko pun menyambut dengan senang hati karya anak Indonesia. Caranya dengan mengirimkan karya kalian melalui virtual dan nantinya dibantu oleh KBRI. Untuk perihal visa Cekonya sendiri bisa meminta rekomendasi visa di Kedubes Republik Ceko di Indonesia, prosesnya pun tidak sulit. Selain cara tersebut, bisa juga menggunakan event organizer yang nantinya seluruh rangkaian perjalanan akan diatur mulai dari pembelian tiket, mengurus visa, mencarikan lokasi hotel/rumah yang pas.
Tentunya dengan adanya peluang ini disambut antusias oleh Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir Wendi Usino M.Sc., MM dan berharap semua karya-karya mahasiswa UBL bisa tampil di Praha.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *