Webinar dan Launching Motor Listrik BL SEV01

Jakarta, 14 Januari 2021 – Universitas Budi Luhur hari ini secara resmi luncurkan motor listrik terbaru bernama BL-SEV01 (Sport Electric Vehicle 01). Peluncuran motor listrik BL-SEV01 ini merupakan hasil kerjasama antara Universitas Budi Luhur bersama Katros Garage dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

BL-SEV01 Karya Universitas Budi Luhur


Peluncuran ini dilaksanakan secara daring dan luring di Gedung Grha Mahardika Bujana Universitas Budi Luhur, yang dihadiri oleh Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua BPH (Badan Pengurus Harian) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M selaku Rektor Universitas Budi Luhur dan Sujono, M.T selaku Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur.
Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M menjelaskan bahwa BL-SEV01 menjadi bukti nyata dan sumbangsih Universitas Budi Luhur dalam menjaga lingkungan, yang diharapkan bisa menjadi solusi akan kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan.

Rektor Universitas Budi Luhur bersama Ketua BPH Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti dan Ketua Pusat Studi Kendaraan Listrik

“Sebelumnya Budi Luhur juga sudah memilki kendaraan listrik (BL- 40, BL- CEV01) dan ini (BL-SEV01) yang terbaru hasil kolaborasi dari Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik, Lembaga Ilmu Pengtahuan Indonesia (LIPI) mencermikan bahwa UBL serius berperan aktif dalam menjaga lingkungan, yang mana merupakan bagian dari nilai-nilai kebudiluhuran.” Jelas Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M dalam sambutannya.

Antusias media dan Youtuber dalam sesi tanya jawab seputar keunggulan BL-SEV01

BL-SEV01 (Sport Electric Vehicle 01) merupakan sepeda motor listrik ke-3 karya Universitas Budi Luhur, dengan spesifikasi yang didukung motor lisrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW. Didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Sehingga motor listrik berbentuk sport ini bisa melaju sejauh 110–120 kilometer hanya dalam satu kali pengisian baterai.

Untuk pengisian baterainya memakan waktu 4-5 jam dan bisa di setting dalam mode fast charging dengan tegangan 960-1100 watt dan normal charging 400-500 watt.
Model Cafe Racer dipilih sebagai desain dari BL-SEV01, untuk menegaskan performa dan kemampuan sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain pun tentunya disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

Peresmian BL-SEV01 dengan pemotongan pita oleh Rektor Universitas Budi Luhur bersama Ketua BPH Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti dan Ketua Pusat Studi Kendaraan Listrik

Semua komponen BL-SEV01 sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

“Universitas Budi Luhur sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa. Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi civitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas,” ungkap Ketua (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA.
Ke depannya Universitas Budi Luhur akan tetap berkontribusi dan berupaya dalam pengembangan-pengembangan secara akademisi dan penelitian terhadap motor dan kendaraan listrik untuk lebih baik lagi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *