Mahasiswa Universitas Budi Luhur melakukan Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Mitra Perpustakaan Baca Inpres IV

Kelompok KKN 77 dilaksanakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan. KKN 77 mengusung tema “Edukasi Pencegahan Penularan Covid19 Melalui Mitra Perpustakaan Baca” kami mengambil tema tersebut berawal dari keprihatinan mahasiswa/I karena masih banyak warga yang kurang kesadaran dalam menjaga kesehatan diri seperti mencuci tangan dan tidak memakai masker.

Pembukaan KKN Kelompk 77 di dampingi oleh Bapak Eryco Muhdaliha S.E., M.M selaku dosen pembimbing lapangan

KKN 77 Semester Gasal 2020/2021 dilaksanakan di Jl. Inpres IV RT 004/006, Kecamatan Larangan Utara, Tangerang. Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama 4 hari tepatnya di tanggal  05, 12, 19 & 20 Desember 2020. Pada kesempatan ini Mahasiswa/i Universitas Budi Luhur yang terbentuk dalam Kelompok KKN 77 dengan Dosen Pembimbing Eryco Muhdaliha, S.E,. M.M melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kelompok KKN 77  memiliki beberapa kegiatan yang dilakukan pada saat melaksanakan KKN, seperti memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pencegahan Covid-19, Membuat tempat cuci tangan, Penyemprotan Disinfektan, Pembagian masker, Games bersama anak-anak pos baca dan bantuan sosial berupa buku baca dan alat tulis ke beberapa anak-anak lokasi tersebut.

Kegiatan Edukasi dan Sosialisasi kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan pola 3M

Pada hari pertama 05 Desember 2020 Kelompok KKN 77  ini melakukan kegiatan Pembukaan acara KKN,  Melakukan pemasangan banner mengenai informasi kegiatan kkn, serta Sosialisasi KKN yang terkait dengan pola hidup bersih. Agar masyarakat sadar akan pentingnya mencuci tangan dan menjaga kesehatan di masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Jl. Inpres IV Rt: 004/006, Kecamatan Larangan Utara, Tangerang.

Penyebaran Covid-19 selain dapat menyebar melalui sentuhan tangan, air liur, dan juga cairan yang berasal dari dalam tubuh. Covid-19 juga dapat menular melalui barang yang telah di pegang atau di pergunakan oleh pengidap Covid-19 tersebut. Sambut meriah dan juga hangat dirasakan oleh Kelompok KKN 77, masyarakat Jl. Inpres IV Rt: 004/006, Kecamatan Larangan Utara, Tangerang  menerima dan menyambut Kelompok KKN 77 dengan antusias. Baik selama menjalankan Program KKN, Mahasiswa/i Universitas Budi Luhur tetap menerapkan Protokol Kesehatan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Penyediaan fasilitas cuci tangan untuk masyarakat sebagai bentuk pencegahan Covid-19

Pada hari kedua kegiatan KKN yaitu tanggal 12 Desember 2020, Kelompok KKN 77 mengadakan kegiatan melakukan penyemprotan disinfektan di RT 04 sekitar tempat pelaksanaan KKN serta kami juga membuat tempat cuci tangan yang terletak di depan pos baca. Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak memiliki rasa kepedulian untuk menjaga kebersihan sebelum masuk pos baca.

Menurut kami selain pencegahan penyebaran Covid-19, kami merasa bahwa perlu memikiran beberapa kepentingan masyarakat yang terdampak imbas dari Covid-19 untuk tetap bisa saling membantu satu sama lain.

Mengajarkan anak-anak cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan protokol kesehatan

Dengan adanya kegiatan KKN di masa pandemi Covid-19 ini diharapkan masyara lebih memahami tentang Covid-19 dan cara pencegahannya agar kasus Covid-19 di Indonesia tidak semakin meningkat. Kegiatan ini disambut baik oleh ketua RT.004 Bapak Suratman yang mengatakan ”Program ini sangat menarik dan saya senang karena dengan penyampaian informasi dan sekaligus pembagian masker masyarakat akan lebih paham tentang pentingnya memakai masker saat keluar rumah untuk mencegah Covid-19” ujar Bapak Suratman selaku ketua RT.004 Jl. Inpres IV, Kecamatan Larangan Utara, Tangerang.

Pada hari ketiga kegiatan KKN yaitu tanggal 19 Desember 2020, Kelompok KKN 77 mengadakan kegiatan Games edukasi seperti mewarnai, tebak kosa kata bahasa inggris, menghitung serta games tentang Covid-19 untuk anak-anak sekitar.

Dengan adanya kegiatan KKN di masa pandemi Covid-19 ini diharapkan masyarakat lebih memahami tentang pengetahuan umum dan cara pencegahannya agar kasus Covid-19 di Indonesia tidak semakin meningkat.  Kegiatan ini pun disambut baik juga oleh Ketua pos baca RT 004, Saudara Rizki Maulana yang mengatakan “Saya senang karena dengan adanya program ini  dapat membantu anak-anak dalam memahami pencegahan Covid-19 serta keramahan dari Kelompok 77 sangat hangat untuk anak-anak”. Ujar Saudara Rizki Maulana selaku Ketua Pos Baca RT 004 Jl. Inpres IV, Kecamatan Larangan Utara, Tangerang.

Penyemprotan Disinfektan yang dilakukan setiap rumah warga guna sterilisasi

Pada hari keempat kegiatan KKN yaitu tanggal 20 Desember 2020, Kelompok KKN 77 mengadakan kegiatan Pembagian masker kepada masyarakat RT 004 serta mengadakan acara penutupan KKN (memberikan bingkisan dan foto bersama).

Dengan adanya kegiatan KKN di masa pandemi Covid-19 ini diharapkan masyarakat sadar akan bahaya Covid-19 dengan memakai masker saat kegiatan diluar rumah sehingga dapat menciptakan kebiasaan baru yang dapat dicontoh oleh anak-anak lingkungan Inpres IV demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Diakhir kegiatan KKN, kami juga memberikan bingkisan dan bantuan soial kepada tokoh masyarakat dan pihak pos baca sebagai ucapan tanda terima kasih kami yang telah memberikan tempat dan  izin melaksanakan kegiatan KKN Pos Baca RT 004 Jl. Inpres IV.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *