Budi Luhur Lakukan Uji Coba Perdana BL-SEV 01 Di Sentul

Jakarta, Universitas Budi Luhur sukses memperkenalkan sepeda motor listrik terbarunya yang diberi nama Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) bulan lalu. Kini untuk mengetahui sejauh mana performa yang dihasilkan oleh motor sport listrik ini, Universitas Budi Luhur langsung melakukan uji coba pertama di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kinerja handling BL-SEV01 di trek lurus dan tikungan Sirkuit Sentul. Sepeda motor tanpa emisi gas buang ini dipacu semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai tolak ukur awal pengembangan BL-SEV01.

Uji coba ini tidak tanggung-tanggung dengan menggandeng pembalap muda, Galih Aji Prakoso, yang juga merupakan alumni Universitas Budi Luhur. Pembalap kelahiran tahun 1993 ini sudah turun dan menjuarai beberapa kejuaraan nasional mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race, Honda CBR Race Day, Kawasaki Racing Academy Race dan lain-lain.

Pemilihan Galih sebagai tester rider juga diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor dan memberikan masukan kepada pihak Universitas Budi Luhur agar dikembangkan lebih baik lagi di kedepannya.

“Ini merupakan pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit Sentul dengan menggandeng pembalap profesional sebagai tester rider. Nantinya tester rider Universitas Budi Luhur akan memberikan masukan mengenai performa dan handling motor listrik. Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01 dan disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur,” ungkap Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono.

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Kemudian baterai bisa kembali terisi penuh setelah melakukan pengecasan selama 4 jam.

Hasil uji coba pertama kali ini cukup baik karena BL-SEV01 berhasil menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik. Alhasil BL-SEV01 juga sempat mencatatkan top speed hingga 100 kilometer per jam.

Sayangnya ketika sepeda motor akan dipacu kembali lebih kencang, BL-SEV01 mengalami permasalahan ketika memasuki tikungan S kecil. Kuda besi ini kembali ke dalam paddock pit dan langsung dianalisis permasalahannya.

Setelah memeriksa kondisi dan melakukan evaluasi, tim menemukan permasalah di bagian gear set. Komponen yang digunakan sekarang ini mengalami pengurangan performa setelah melewati beberapa lap di Sirkuit Sentul.

“Setelah BL-SEV01 dievaluasi dengan tim, ternyata permasalahan di gear set depan pada rantai yang giginya kalah habis karena di tes maksimum di lintasan Sirkuit. Tetapi bersyukur motor listrik dan baterai tidak mengalami masalah dan dalam keadaan normal. Pengetesan pertama ini kami akhiri dahulu nanti kita evaluasi dan lanjutkan pengetesan kedua di Sirkuit Sentul kembali,” tambah Jono.

Aksi uji coba kali ini juga langsung disaksikan oleh Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro. Dia pun mengakui sangat senang dengan uji coba yang dilakukan oleh civitas Universitas Budi Luhur dalam pengembangan teknologi sepeda motor listrik di Indonesia. Kasih Hanggoro juga berjanji akan terus memberikan dukungan dan memberikan ruang kepada seluruh civitas Universitas Budi Luhur dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Pengetesan pertama ini cukup memuaskan dan kita akan melakukan pengujian motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal di lintasan balap. Oleh karena itu nanti akan ada pengetesan kedua di Sirkuit Sentul dengan sepeda motor yang sudah dikembangkan lebih baik lagi. Saya akan support terus pengembangan motor listrik BL-SEV01 sebagai karya anak bangsa yang dikerjakan langsung oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Budi Luhur serta bekerjasama dengan LIPI,” ungkap Kasih Hanggoro.

Aktivitas yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa yang tergabung di Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur juga mendapatkan perhatian yang baik dari Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M. Uji coba yang dilakukan ini menjadi langkah nyata dari Universitas Budi Luhur bagi dunia pendidikan Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Saya sangat bangga dengan tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur dengan terciptanya motor listrik BL-SEV01. Pengetesan pertama ini top speed-nya sudah mencapai 100 kilometer per jam, dan harapan masih bisa dilakukan peningkatan performa di pengaturan kedua. Saya mendukung penuh motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal, serta untuk penelitian dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur,” ungkapnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *