Mahasiswa Universitas Budi Luhur Membantu Pelaku Usaha UMKM, Serta Meningkatkan Penanganan Limbah Lingkungan Masyarakat

Universitas Budi Luhur (UBL) mulai menyelenggarakan kembali KKN yang diikuti oleh mahasiswa/I dari berbagai fakultas Universitas Budi Luhur periode Gasal 2020/2021

Salah satu kelompok KKN Universitas Budi Luhur yaitu kelompok 52 telah mengusung program KKN yang bertemakan digital marketing untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil, Menengah), tujuan dari adanya program tersebut ialah membantu pelaku UMKM khususnya yang berdampak langsung selama pandemi covid-19.

Pelaksanaan KKN kelompok 52 terdapat di dua lokasi yang berbeda yakni Kelurahan Perigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan dan Desa Karasan Beji, Pedan, Klaten, Jawa Tengah.Pelaksanaan kegiatan KKN berlangsung dari tanggal 16 Januari 2021 – 22 Februari 2021 yang diarahkan langsung oleh dosen pembimbing lapangan Syahrul Awal, S.I.P, M.Si.

Warung Bakso Bang Madun dan Wedang Jahe si Neng menjadi target UMKM yang berlokasi di Perigi Baru. Program pelaksanaan KKN Kelompok 52 bertujuan dalam meningkatkan pendapatan usaha.  Bapak Madun selaku pemilik usaha mengaku bahwa pendapatan yang dihasilkan mengalami penurunan akibat pandemi. Beliau juga menginginkan jika usaha nya tersebut dapat dikenal masyarakat lebih luas.

Daerah Klaten juga menjadi target mahasiswa Universitas Budi Luhur yakni Yunita Ratna Sari kepada Ibu Winarsih selaku pemilik Warung Ayam Mas Adzan.

Program digital marketing yang telah terlaksana dalam membantu pelaku UMKM tersebut diantaranya pembuatan titik koordinat lokasi usaha di google maps agar membantu pelanggan untuk menjangkau lokasi tersebut. Pembuatan media sosial serta memberikan penyuluhan tentang bagaimana mempromosikan produk mereka ke masyarakat luas.

Tidak hanya di media sosial, kelompok KKN 52 juga membagikan brosur terkait produk UMKM kepada masyarakat untuk memperkenalkan serta mempromosikan produk tersebut kepada masyarakat sekitar. Serta, mendesain ulang kemasan, membuat logo produk, mendesain menu dan menata ulang tempat kami lakukan untuk lebih menarik minat pelanggan.

KKN Universitas Budi Luhur Kelompok 54 dibawah bimbingan lapangan Syahrul Awal, S.I.P, M.Si selaku dosen pembimbing lapangan (DPL), Melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Adapun tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Kelompok 54 adalah Peran mahasiswa dalam pengembangan masyarakat dan penyuluhan kesehatan lingkungan.

Program Kegiatan KKN yang terlaksana  pada tanggal 2-12 Februari 2021 diantara lain
pembagian masker dan handsanitizer, pembuatan tempat cuci tangan, pemberian Sticker tentang peduli kesehatan kepada masyarakat, penyemprotan disinfektan, Pembagian obat penambah darah, Membersihkan jentik nyamuk dan Pengumpulan minyak jelantah di wilayah Kelurahan Cilandak Barat RT 016.

Pengumpulan minyak jelantah merupakan salah satu program rutin masyakarakat Kelurahan Cilandak Barat RT 016 setiap minggunya, minyak jelantah ini akan di ekspor ke Eropa dan hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk kegiatan warga. Selain itu, kegiatan ini menjadi bentuk penanganan masyarakat terhadap pencemaran lingkungan melalui minyak jelantah

KKN kelompok 45  menjalankan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kawasan Bencongan Indah, Kelapa Dua, Tangerang-Banten dengan mengambil tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kelompok 45 adalah “Strategi Cerdas Berbudi Luhur dalam Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Masyarakat”. KKN Kelompok 44 di bimbing langsung oleh Mohammad Alfansyah, S.Sos, M.M, M.I.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),

Kegiatan KKN  yang dilakukan meliputi penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, menempatkan tempat cuci tangan di 3 tempat umum (masjid, posyandu, pos Rukun Warga), pemasangan poster cara mencuci tangan di wilayah RW 06 Bencongan Indah,

Program sosialiasasi kepada masyarakat dalam pencegahan covid 19 melalui webinar yang bertemakan “Strategi Pencegahan Covid-19” bersama dr. Maya Sandra sebagai narasumber. Webinar ini bertujuan untuk mengajak pemuda setempat untuk aktif berkampanye dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan KKN dilaksanakan setiap akhir pekan sebanyak 4 kali pada tanggal 6-7 Februari dan 13-14 Februari 2021.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *