Lestarikan Budaya Betawi, Universitas Budi Luhur Dukung Festival Pantun se-Jakarta Selatan

Kamis, 10 Maret 2022 – Universitas Budi Luhur menjadi sponsor penuh dan mendukung Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Selatan dan UMKM Gue Girang mengadakan acara Festival Lomba Pantun.

Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 10 Maret 2022 pukul 08.00 – 11.30 WIB di Gedung Grha Mahardika Bujana. Acara ini juga menampilkan beragam kesenian budaya Betawi seperti atraksi palang pintu, ondel-ondel dan lain-lain.

Walikota Jakarta Selatan Munjirin, S.Sos, M.Si mengatakan acara lomba pantun ini sangat bermakna dan menjadi agenda tradisi yang akan diadakan pada setiap tahunnya. Pantun, kata dia, budaya Betawi yang harus dilestarikan dan dijaga.

“Tentunya kita harapkan, dengan lomba pantun ini akan menjadi tradisi yang akan kita teruskan dari tahun-ketahun sebagai bentuk pelestarian budaya kita agar budaya pantun khususnya budaya pantun Betawi tetap harus kita kembangkan di Jakarta Selatan ini,” ujar Munjirin, S.Sos, M.Si.

Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM, mengatakan pantun Betawi adalah bagian dari warisan budaya yang terdapat di Indonesia. Oleh karena itu, kewajiban semua pihak untuk melestarikan budaya pantun Betawi.

“Kita ingin mengajak mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang umumnya untuk mulai bertutur kata untuk menggunakan pantun supaya penyampaianya lebih menarik dan ada seninya karena kita juga ingin melestarikan budaya luhur nusantara,” jelasnya.

Peserta festival pantun ini diikuti TP PKK se-Jakarta Selatan dengan mengunggah video di sosial media. Pantun yang di unggah merupakan karya original dan bukan plagiat.

Universitas Budi Luhur mendukung pelastarian dan menjaga serta melestarikan budaya asli Indonesia ke penerus generasi bangsa. Universitas Budi Luhur bertekad menyebarkan nilai-nilai kebudiluhuran yang merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki Indonesia.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *