Universitas Budi Luhur & Dinkes Jaksel Peringati Hari Tuberculosis

Jakarta, 5 April 2022 – Universitas Budi Luhur dan Dinas Kesehatan Kota Jakarta Selatan memperingati hari Tuberkolusis sedunia yang dilakukan setiap tanggal 24 Maret.

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 30 Maret 2022 di Grha Mahardika Bujana Universitas Budi Luhur. Acara ini dihadiri oleh Seluruh Civitas Akademika Universitas Budi Luhur, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Kapolsek Pesanggrahan, PLT Camat Jakarta Selatan, Lurah se-Kecamatan Jakarta Selatan, RSUD Pesanggrahan, Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, Klinik Wilayah Pesanggrahan, Yayasan KNCV Indonesia (YKI), Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU), Penabulu-STPI, dan Kader TB Pesanggrahan dan se-Jakarta Selatan.

Adanya Hari Tuberkolusis sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahayanya penyakit tuberkulosis. Menurut Dr. Muhammad Helmi, MM. Kasudinkes Jakarta Selatan, mengatakan bahwa saat ini Indonesia mencanangkan eleminasi TB yaitu pada tahun 2030. Dan tentu saja bahwa kegiatan atau tujuan yang akan dicapai ini sangat berat mengingat bahwa adanya pandemi yang memasuki masa dua tahun ini.

“Baik pertama, tentunya tadi bahwa Indonesia mencanangkan eleminasi TB yaitu adalah tahun 2030. dan tentu saja bahwa kegiatana atau tujuan yang akan dicapai ini sangat berat mengingat bahwa adanya pandemi yang memasuki pada tahun kedua ini,” ucapnya.

Lalu ditambahkan kembali oleh Kasudinkes Jakarta Selatan, bahwa untuk rencana Jakarta Selatan ingin menyelesaikan sebelum 2030. Dan juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait guna persebaran Informasi yang bermanfaat dengan pihak-pihak se-Jakarta Selatan.

“Untuk Jakarta Selatan, kami memang punya rencana eliminasi TB ini adalah 2027 ini ditahun 2018 yang lalu. Dan tentunya dengan waktu yang 5 tahun yang tadi saya katakan bahwa agak cukup berat karena adamnya situasi pandemi. Namun demikian tentu tadi kami sudah berbicara juga dengan bapak rektor yang akan membantu dan juga semua pihak, melibatkan semua pihak “ Menurut, Dr. Muhammad Helmi, MM.

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., MM menyambut dengan baik kerjasama yang akan dilakukan oleh Kasudinkes Jakarta Selatan. Rektor Universitas Budi Luhur mengajak warga kampus dalam hal ini, khususnya warga Jakarta Selatan pada umumnya untuk ikut bebas-aktif dalam eliminasi Tuberkolusis.

“Karena kita sadari TB adalah penyakit yang berbahaya, dimana indonesia merupakan urutan yang ke tiga penderita TB dunia setelah India dan China “ Ungkapnya.

“Oleh karena itu, saya mengajak semua civitas akademika Universitas Budi Luhur untuk ayo kita bersama-sama aktif bahu membahu supaya TB segera bisa hilang dari Indonesia sesuai dengan target 2030. tapi, pak kasudin punya target lebih cepat 2027 “ Lanjutnya.

Acara ini diawali dengan senam bersama etika batuk, untuk para peserta yang dibawakan oleh mahasiswa Universitas Budi Luhur. Agar peserta dapat mengerti tata cara etika batuk, dengan cara menyenangkan sehingga penyebaran infeksi penyakit yang disebabkan oleh batuk ini dapat dikendalikan.

Selanjutnya, ada sosialisasi Sobat TB yang dibawakan oleh Yayasan KNCV Indonesia (YKI). Sobat TB sendiri adalah aplikasi mobile yang memudahkan dalam mengakses layanan, informasi, serta melakukan deteksi dini Tuberkolusis melalui fitur skrining mandiri.

Pencanangan 12 orang Duta Tuberkolusis 2022, yang terdiri dari 10 orang kader wilayah Jakarta Selatan. Dan dua orang Duta Blutizen dari Universitas Budi Luhur. Yang dilakukan oleh Kasudinkes Jakarta Selatan dan Kepala Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan.

Sesi Talkshow dengan narasumber membahas mengenai Investasi untuk Eliminasi Tuberkolusis, Selamatkan Bangsa. Bersama Dr. Raden Roro Diah Handayani, Sp.P(K), Dokter Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, Muhammad Suhud Ridwan, Penabulu-STPI DKI Jakarta, Nunur Syarifah, Kader pejuang TB.

Dilanjutkan dengan bentuk apresiasi dari koordinator TB wilayah Jakarta Selatan dan untuk Tiga orang Duta terbaik selama mengabdi kepada masyarakat disekitar lingkungan wilayah Jakarta Selatan. Penyerahan apresiasi dan penghargaan untuk Universitas Budi Luhur atas partisipasinya, dalam kegiatan hari TB sedunia tingkat Jakarta Selatan tahun 2022 dan partisipasinya dalam kegiatan vaksinasi Covid oleh Drg. Etrina Eriyawati M.Epid

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *