FKDK-SWYC Budi Luhur & Kecamatan Pesanggrahan Kerja Sama Ramah Perempuan dan Layak Anak

Jakarta, 07 Juli 2022 – Sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Universitas Budi Luhur melalui Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif (FKDK) bersama Pos Sapa (Pos Sahabat Perempuan dan Anak) Suhanah Women and Youth Center (SWYC) sukses melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat Pencanangan Kecamatan & Kelurahan Ramah Perempuan dan Layak Anak pada Kamis, 07 Juli 2022 bertempat di Ruang Theater Universitas Budi Luhur.

Selain sebagai bentuk abdi dosen Universitas Budi Luhur pada ilmu dan penerapan nilai-nilai kebudiluhuran yang dimiliki, juga bertujuan agar dapat bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat luas.

Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M selaku Rektor Universitas Budi Luhur menuturkan dengan pencanangan tersebut Universitas Budi Luhur sebagai perguruan tinggi terdekat dengan wilayah Kecamatan Pesanggrahan berkomitmen untuk mendorong pelaksanaan ini dengan sebaik mungkin memfasilitasi kegiatan yang mendukung, serta melakukan langkah-langkah konkret dan berkelanjutan bagi perkembangan Kecamatan dan Kelurahan Ramah Perempuan dan Layak Anak.

Hartono Abdulullah selaku camat Pesanggrahan mengungkapkan Kecamatan Pesanggrahan menyambut baik kegiatan pencanangan dengan harapan dapat bermanfaat bagi keluarga dan anak-anak kita khususnya perempuan.

Dalam pelaksanaannya, akan diadakan pemberian konseling dan sosialisasi informasi parenting untuk mewujudkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Dihadiri oleh Rektor Universitas Budi Luhur, Pak Hartono Abdullah Camat Pesanggrahan, Pak Fathur Rohim Kepala Sudin PPAPP Jakarta, Dr. Krisna Adiyarta Musodo, S.Kom., M.Sc selaku Direktur Riset dan PPM dan tamu undangan internal dan eksternal TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, PPKB Kelurahan, Pengelola RPTRA, Kasi Kesra Kecamatan Pesanggrahan, Kesra Kecamatan, Satpel PPAPP Kecamatan Pesanggrahan, Penyuluh KB, Dawis, dan Poktan.

Acara pencanagan ini terdiri atas kegiatan seminar dengan disampaikan oleh 3 pemateri yaitu Dr. Umaimah Wahid, M.Si dengan tema “Mengapa Perlu Kecamatan
Ramah Perempuan dan Layak Anak”, Saskia Lydiani, S.Pd., M.Si dengan tema “Keluarga Harmonis Keluarga Nyaman dan Eko Sumardi, S.Sos., M.I.Kom dengan tema “Penggunaan Media Sosial Pada Keluarga”.

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat (PPM) ini berupa Pencanangan Kecamatan/Kelurahan Ramah Perempuan & Layak Anak bekerjasama dengan Kecamatan Pesanggrahan. Sebagai bentuk cinta kasih dan pedulinya Universitas Budi Luhur kepada masyarakat sekitar, upaya inipun dilakukan agar perwakilan pemerintah daerah yaitu Kecamatan Pesanggrahan menjadi salah satu kecamatan yang menjamin perlindungan dan kenyamanan bersama.

Upaya menciptakan Kecamatan/Kelurahan Ramah Perempuan & Layak Anak berharap dapat menjadi episentrum baru pembangunan yang mendorong meningkatnya kesejahteraan dan kesehatan, akses terhadap pendidikan yang berkualitas, menumbuhkan pusat ekonomi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.

Upaya ini perlu disadari bersama dengan melalui penguatan peran kepemipinan dalam pemerintahan desa dengan tidak hanya berhenti pada konsep atau ide saja namun di buktikan dengan implementasi melalui bentuk kerjasama awal Universitas Budi Luhur ini.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *