Universitas Budi Luhur Akan Gelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022

Jakarta 5 Sepetmber 2022 – Universitas Budi Luhur akan menyelenggarakan Jambore Nasional Bank Sampah 2022 yang bekerjasama dengan Pegadaian.

Hadir Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Bapak Kasih Hanggoro, MBA; Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M; Pimpinan dan CSR Pegadaian; Koordinator Bank Sampah UBL; Umi Tutik Asmawi dan beberapa komunitas lingkungan yang mendukung kegiatan JNBS.

UBL merupakan instansi pendidikan yang aktif dalam pengelolaan kampus ramah lingkungan melalui Bank Sampah UBL yaitu sebagai wadah pengelolaan sampah dan tempat sosialisasi lingkungan di masyarakat.

Pada tahun 2020, Bank Sampah UBL meraih penghargaan dari LLDIKTI sebagai permadani terbesar dari kawasan minuman plastik. Tidak hanya itu, pada ajang UI GreenMetric, UBL meraih peringkat ke-31 pada tahun 2021 dan meraih juara umum lomba nasional memilah sampah menabung emas dari Pegadaian dan mendapatkan hadiah mobil box.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 14-17 September 2022 di Universitas Budi Luhur dengan melibatkan berbagai masyarakat, komunitas dan pegiat Bank Sampah se-Indonesia.

Markot Jambore Nasional Bank Sampah 2022 memiliki filosofi, yaitu:
1. Bumi: Sesuai tema “Wujudkan Bumi Sebagai Rumah Bersama” menggambarkan rumah manusia yang sedang dalam kondisi yang memprihatinkan diakibatkan kurangnya kesadaran dalam diri manusia. Bumi yang kita panggil sebagai “rumah” semakin lama semakin mengalami kerusakan.
2. Lumba-lumba yang terjerat rantai sampah: merupakan representasi kondisi makhluk dan alam yang mengalami kerusakan akibat dari ulah manusia.

Maskot ini merupakan hasil prakarya panitia JNBS 2022 sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran pentingnya pengelolaan sampah. Pengerjaan maskot ini akan berlanjut dari tanggal 5 hingga tanggal 17 September 2022 melibatkan peserta Jambore Nasional Bank Sampah 2022.

Acara ini diharapkan mampu melakukan pendampingan secara berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan sampah.

Beberapa rangkaian kegiatan Jambore Bank Sampah 2022 yaitu Workshop Sekolah Adiwiyata, Lokakarya Pengelolaan Sampah Berkelanjutan, Fashion Week Pakaian Daur Ulang, Lomba Pelajar Kreatif dan Inovatif TK, SD, SMP, dan SMA/SMK, Talkshow “SELING” (Seputar Lingkungan), Festival Jajanan Nusantara, Pameran Inovasi Karya Kreasi Bank Sampah (IKKBS), Kunjungan Lapangan, Kompetisi Mural, Festival Musik Bahan Daur Ulang Sampah, Kegiatan Bersih-Bersih Serempak di Seluruh Dunia.

Kegiatan ini akan melibatkan 1000 orang dari berbagai lintas masyarakat dan komunitas. Adapun beberapa komunitas dan pegiat lingkungan yang akan terlibat yaitu dari Bank Sampah se-Indonesia, Gammawaste, Lion International, Perbanusa, Pilah Sampah, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Trash Hero, Lingkungan Siapa, dan masih banyak lagi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *