Motor Listrik BL-SEVO1 Ikut Pameran di IEMS 2022

Jakarta, 30 September 2022 – Motor listrik Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEVO1) karya Universitas Budi Luhur diikutsertakan dalam Pameran motor listrik Indonesia Elektrik Motor Show (IEMS) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 28-30 September 2022.

Ajang pameran ini untuk mensosialisasikan tentang ekosistem kendaraan listrik, termasuk juga terkait peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM mengatakan Universitas Budi Luhur turut berperan aktif dalam membuat teknologi yang memiliki dampak pada lingkungan.

“Universitas Budi Luhur bangga ikut berperan aktif menciptakan teknologi dan inovasi di acara expo Ditjen Dikti Ristek. Motor listrik ini ramah lingkungan dan bersih dari polusi udara,” ujar Dr. Wendi.

Dr. Wendi menambahkan motor listrik ini dibuat oleh dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur yang berfokus pada kendaraan yang tidak memiliki emisi gas buang (zero emission).

“Motor listrik ini merupakan salah satu karya Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur yang melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai salah satu bentuk implementasi nilai-nilai kebudiluhuran. Motor listrik ini dirancang sebagai kendaraan yang tidak memiliki emisi gas buang (zero emission) menjadi bukti nyata yang menunjukkan peran aktif UBL dalam program pelestarian lingkungan, khususnya dalam menunjang program moda transportasi ramah lingkungan yang sudah menjadi trend di negara maju,” jelasnya.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Budi Luhur, Sujono, MT mengatakan kendaraan listrik yang dibuat Budi Luhur belum dipasarka

“Kami Pusat Studi Kendaran Listrik Budi Luhur bukan perusahaan besar yang punya produk di pasaran. Kami merancang dan membuat kendaraan listrik ini sejak 2016 sampai 2022 sudah 6 tahun kita sudah membuat 5 produk kendaraan listrik,”

Tiga motor listrik itu antara lain, Budi Luhur 40 (BL-40), Budi Luhur Charge Electric Vehicle 01 (BL-CEVO1), dan karya terbarunya Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEVO1). Dua mobil listrik bernama Neo Blitz dan Bltiz.

Sekedar diketahui, Motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB, sejauh 1.340 km.

Touring ini merupakan rangkaian riset motor listrik yang telah dilakukan beberapa kali oleh Universitas Budi Luhur guna menciptakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan hemat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *