Universitas Budi Luhur bersama 2 Kampus Indonesia dan Ethiopia Sepakat Tingkatkan Peran Global

Jakarta, 11 Oktober 2022 – Tiga perguruan tinggi Indonesia dan Ethiopia yaitu Universitas Harambee, Universitas Budi Luhur dan Universitas Merdeka Malang sepakat bahwa peranan perguruan tinggi sangat penting untuk meningkatkan pembangunan internasional melalui program kampus dan akademis. Hal ini mengingat begitu banyak tantangan yang dihadapi dunia global saat ini yang memerlukan komitmen dan kontribusi nyata dunia kampus.

Hal itu antara lain mengemuka dalam forum Indonesia-Ethiopia Higher Education bertajuk Higher Education for the International Development, yang diselenggarakan secara hybrid oleh Kedutaan Besar RI Addis Ababa, bekerjasama dengan Universitas Harambe, Universitas Budi Luhur dan Universitas Merdeka Malang, di aula KBRI Addis Ababa, Jumat (7/10).

Ketiga perguruan tinggi kedua negara juga akan meningkatkan hubungan dan kerjasama untuk kepentingan bilateral Indonesia dan Ethiopia serta pembangunan global. Founder dan CEO Universitas Harambee, Feyissa Ararssa bahkan berencana akan ke Indonesia akhir minggu ini (15/10) untuk bertemu langsung dengan partner kerja di Indonesia sekaligus menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) 2022.

Hadir sebagai pembicara pada forum perguruan tinggi tersebut Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur, Duta Besar non-residen Ethiopia untuk Indonesia Prof. Dr. Fekadu Beyene, Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Wendi Usino, Presiden Universitas Harambee Dr. Habtamu Teka, Kepala Biro Kerjasama dan Inovasi Universitas Merdeka Malang, Andini Risfandini dan Founder/CEO Universitas Harambe Feyissa Ararssa.

Duta Besar Al Busyra Basnur mengatakan bahwa forum pendidikan tinggi Indonesia-Ethiopia ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan KBRI Addis Ababa. Sebelumnya, 10 Mei 2022 sebanyak 18 perguruan tinggi Indonesia dan Ethiopia ikut serta dalam forum serupa. Forum bertujuan untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama perguruan tinggi Indonesia dan Ethiopia dan peran global mereka.
Saat ini terdapat 23 Memorandum of Understanding (MoU) antara perguruan tinggi Indonesia dengan Ethiopia. Tahun 2021 saja, ditandatangani 17 MoU antar perguruan tinggi kedua negara.

Sumber: Dutanusa

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *