Tim Dosen Budi Luhur Buat Virtual Wisata Gunung Padang Cianjur

Jakarta, 16 Desember 2022 – Universitas Budi Luhur mendapatkan pendanaan Program Kemitraan Masyarakat 2022 dari Kemendikbud Ristek RI. Program ini dilaksanakan oleh Tim PKM Universitas Budi Luhur Jakarta yang terdiri dari dosen-dosen Prodi Arsitektur yaitu Putri Suryandari, ST, M.Ars, Anggraeni Dyah S,ST.MT dan dosen Program Studi Teknik Informatika Anita Diana S.Kom, M.Kom serta dibantu mahasiswa.

Dosen Arsitektur Budi Luhur, Putri Suryandari mengatakan, pemilihan wisata Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat karena terdampak Covid-19, sehingga sepi pengunjung.

“Sejak situasi pandemi Covid-19, kunjungan wisata ke Gunung Padang, mengalami penurunan jumlah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, terjun bebas mencapai sembilan puluh puluh persen,” ujar Putri Suryandari.

Ia menjelaskan, ada dua solusi kunjungan wisata. Pertama, dengan memberikan in house training pada para pemandu wisata, yaitu berupa pengetahuan Tour Guide. Juga memberikan Training of Trainner (ToT) mengenai Gunung Padang adalah Pilar Al Quran, dari Yayasan 74 HA bagi tambahan wawasan pengetahuan wisata religi di Gunung Padang. Kedua, pendampingan pembuatan atribut wisata, visual dan virtual, berupa penyediaan panduan wisata, brosure wisata dan Infografis serta solusi ketiga adalah pembuatan website Gunung Padang untuk Pokdarwis.

“Produk wisata visual berupa Infografis 2 bahasa, buku panduan dan brosure dan Virtual berupa Website Wisata. Manfaat dari kegiatan ini meningkatkan pemahaman wisatawan bahwa Gunung Padang tidak terbuka untuk wisata umum, melainkan wisata edukasi. Melalui buku panduan, meningkatkan pengetahuan Wisatawan mengenai, larangan ketika berada dilokasi Gunung Padang, karena tempat tersebut merupakan cagar budaya yang harus dijaga kelestariannya,” jelasnya.

“Infografis Wisata 2 bahasa, memudahkan Tour guide untuk menjelaskan mengenai Objek wisata religi Gunung padang pada pengunjung Asing. Website Gunung Padang memudahkan Pokdarwis menjelaskan keberadaan objek wisata, sebelum melihat langsung kelokasi wisata,” tambahnya.

Ia mengatakan, mitra pada kegiatan ini Yayasan 74 Hafizun Alim dan Pemandu Wisata di Gunung Padang. Yayasan 74 HA bergerak dibidang Religi khususnya Sains AL Quran yang sedang mengesplorasi Gunung Padang adalah bukti Pilar Al Quran dan peduli untuk mensosialisasikan temuan ini kemasyarakat. Sedangkan Pemandu wisata yang terdapat di Gunung Padang adalah kelompok masyarakat lepas yang peduli terhadap situs wisata.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *