Universitas Budi Luhur menggelar aksi Budi Luhur Clean Action #YukBerbenahPlastik

Pada tanggal 2 Desember 2019, Universitas Budi Luhur menggelar aksi Budi Luhur Clean Action (BLCA) yang bertemakan “Berbenah Plastik” yang bertujuan menggerakkan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Kegiatan Budi Luhur Clean Action adalah kegiatan simpatik mahasiswa Budi Luhur di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu yang diketuai oleh Muhammad Lutfi Aldiyani selaku ketua pelaksana BLCA. Adapun rangkaian kegiatan tersebut ialah sosialisasi pemanfaatan Sampah dan workshop daur ulang sampah plastik bersama Bank Sampah Budi Luhur yang disampaikan oleh  Umi Tutik Asmawi dan dongeng bersama Cita, Budi dan Luhur yang bertemakan “ Jangan Buang Sampah Sembarangan” yang disampaikan oleh Tim Guru SD Budi Luhur.

Pemberian cinderamata dari Universitas Budi Luhur kepada Camat Kepulauan Seribu

Angga Saputra, S.STP, M.Si selaku Camat Kepulauan Seribu bersama jajarannya juga ibu-ibu PKK, pemuda-pemudi Karang Taruna, siswa/i SD dan SMP dan warga sekitar Pulau Untung Jawa turut berpartisipasi dalam kegiatan aksi BLCA. Hadir sekitar 100 orang dari warga Pulau Untung Jawa. Adapun dari pihak Universitas Budi Luhur yakni Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti; Dr. Goenawan Brotosaputro, S.Kom., M.Sc selaku Deputi Rektor  Bidang Akademik dan Kemahasiswaan; Dr. Arief Wibowo, M.Kom Direktur Kemahasiswaan Karir dan Alumni; Doddy Wihardi, S.I.P, M.I.Kom Kepala Kosentrasi Public Relations; Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom); Tim Bank Sampah Budi Luhur; Ibu Els dan tim guru dari SD Budi Luhur beserta

Kegiatan diawali dengan peresmian Budi Luhur Clean Action oleh  Kasih Hanggoro, MBA dan Angga Saputra, S.STP, M.Si, kemudian dilanjutkan sesi foto bersama. “Budi Luhur mengadakan aksi di Pulau Untung Jawa ini bukan yang pertama kali, sebelumnya Yayasan Budi Luhur Cakti (YBLC) dengan komunitas BL Safe sudah hadir tahun 2017 dan sekarang menambah jenis pengabdian dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya berbenah plastik, sesuai dengan tagline acara ini #YukBerbenahPlastik,” ujar Kasih Hanggoro.

Antusias siswa-siswi SD dan SMP mendengarakan dongeng bersama Cita, Budi dan Luhur yang bertemakan “ Jangan Buang Sampah Sembarangan” yang disampaikan oleh Tim Guru SD Budi Luhur .

Universitas Budi luhur (UBL) senantiasa turut berperan untuk membantu pemerintah dan rakyat dalam lingkungan sosial termasuk dalam lingkungan kebersihan dan pulau. Masyarakat setempat menyambut baik dan mengucapkan terimakasih atas partisipasi aktif yang dilakukan oleh  Universitas Budi Luhur dalam memanfaatkan sampah supaya dapat di daur ulang dan bermanfaat kembali bagi masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Pak Camat Kepulauan Seribu, Angga Saputra, S.STP, M.Si dalam sambutannya “Saat Jakarta mengalami musim hujan aliran sungai membawa sampah hingga pulau Untung Jawa. Maka, melalui kegiatan aksi Budi Luhur Clean Action sangat didukung oleh Pemkab Kepulauan Seribu karena mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah, apalagi gerakan Bank Sampah Budi Luhur pernah menerima penghargaan dari Gubernur DKI sehingga inilah aksi nyata mahasiswa untuk masyarakat” ujarnnya.

Aksi pungut pilah sampah oleh mahasiswa Budi Luhur bersama masyarakat Pulau Untung Jawa

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan Wisata Keliling Pulau Untung Jawa , Masyarakat Pulau Untung Jawa dan Tamu Undangan Universitas Budi Luhur lalu Aksi Pungut Pilah Sampah oleh Mahasiswa Universitas Budi Luhur, PPSU dan PJLP. Acara ini ditutup dengan persembahan Musik dari Kreativitas Mahasasiswa Universitas Budi Luhur (KMM) bersama Musisi Lokal. (Penulis: Salsabilla, Editor: Imelda)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *