Mahasiswa Budi Luhur Gelar Pameran Kolaboratif UAS ‘Happiness Weeks’

Universitas Budi Luhur menyelenggarakan pameran hasil proyek mahasiswa dari 5 program studi yaitu Hubungan Internasional dari FISSIG (Fakultas Ilmu Sosial dan Studi Global), Manajemen Bencana dari FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Ilmu Komunikasi dari FKDK (Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif), Arsitektur dan Teknik Elektro dari FT (Fakultas Teknik) untuk mengasah kreativitas guna memenuhi penilaian UAS (Ujian Akhir Semester).

Acara kolaborasi program studi antar fakultas di Universitas Budi Luhur sudah kerap dilakukan sejak lama.

Pameran ini termasuk agenda dari “Happiness Weeks” yang dikepalai oleh Tulus Yuniasih, S. IP., M.Soc.Sc., selaku dosen FISSIG (Fakultas Ilmu Sosial dan Studi Global).

“Happiness Weeks dibentuk sebagai istilah baru pekan UAS berisikan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah karya secara menyenangkan. Jadi mahasiswa tidak lagi menganggap pekan evaluasi penilaian sebagai hal yang menyulitkan,” ujar Tulus dalam wawancara online, Sabtu (6/7/2024).

“Masing-masing prodi memiliki pembagian tugas yang disesuaikan dari CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah). Prodi Arsitektur, Teknik Elektro dan Manajemen bencana akan men-supply knowledge mereka yang kemudian dituangkan oleh mahasiswa Ilkom (Ilmu Komunikasi) dengan mahasiswa HI (Hubungan Internasional) berbentuk essay photo,” Lanjut Tulus.

“Arsitektur juga menghasilkan produk berupa banner, Teknik Elektro membuat rancangan IoT (Internet of Things) dan Manajemen Bencana me-repackaging produk UMKM.”

Tulus juga menjelaskan tujuan kolaborasi ini untuk masa depan mahasiswa bahwa, kerja sama tim dengan disiplin dan tanggung jawab yang berbeda-beda akan terjadi di dunia pekerjaan nantinya.

Ziyad Zulkifli, salah satu mahasiswa dari Ilmu Komunikasi menyebutkan manfaat yang diperolehnya setelah ikut bergabung di Proyek Kolaboratif UAS.

“Buat tim aku sih terutama adanya teamwork yang baik ya. Walaupun kita berasal dari prodi yang berbeda, tapi kerja samanya bisa dilakukan secara kondusif. Jadinya, minim kendala deh,” tuturnya melalui wawancara online, Sabtu (6/7/2024).

Proyek UAS kolaboratif bisa dikunjungi oleh umum mulai dari 1-19 Juli 2024 yang berlokasi di Lobi Lantai 1, Universitas Budi Luhur. Para pengunjung juga berkesempatan untuk mendapat e-sertificate, doorprize dan memberikan support terhadap collab team favorite melalui vote dengan QRcode yang tersedia di lokasi.

Comments are closed.