Mahasiswa Universitas Budi Luhur Sosialisasi Edukasi Tentang Lingkungan dan Teknologi

Tangerang –  Memasuki KKN Periode Genap 2020/2021, Universitas Budi Luhur menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata yang diikuti oleh mahasiswa/i Universitas Budi Luhur. Kelompok KKN A8 dari Universitas Budi Luhur telah mengadakan kegiatan KKN yang bertemakan Permainan Edukasi, Kebersihan Lingkungan, dan Teknologi Informasi. Kegiatan KKN tersebut telah dilaksanakan di Yayasan Pondok Pesantren Annajiyah yang beralamat di Jl.
Pln, Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Adapun kegiatan KKN ini berlangsung dari tanggal 26 Juni 2021 sampai 7 Agustus 2021 dengan Dosen Pembimbing Lapangan bapak Eryco Muhdaliha, S.E., M.M

Program Kerja Utama KKN A8 adalah permainan edukatif yang dilaksanakan bersama siswa/i Sekolah Dasar di Yayasan Pondok Pesantren Annajiyah, yang dimana kegiatan ini memiliki program untuk mengedukasi para siswa/i dengan cara bermain permainan Talking Stick mengenai materi-materi yang telah diajarkan di sekolah guna melatih konsentrasi, menumbuhkan percaya diri, serta melatih kreativitas dan perkembangan para siswa/i. Metode permainan edukatif ini juga diharapkan agar dapat menjadi referensi para guru yang berada di Yayasan Pondok Pesantren Annajiyah untuk diterapkan kedepannya, karena dengan adanya permainan edukatif ini juga dapat membantu para guru dalam pembentukan karakter para siswa/i yang berada di Yayasan Pondok Pesantren Annajiyah.

Tema permainan edukasi dipilih mengingat di masa pandemi seperti ini banyak anak-anak sekolah yang terlalu lelah dalam melaksanakan kegiatan belajar dengan menggunakan Video Conference. Dengan cara permainan yang mengedukasi, anak-anak dapat bermain sambil belajar tentang materi-materi yang telah mereka pelajari. Dan tentunya anak-anak menjadi terhibur dengan adanya permainan ini, sehingga dapat menghilangkan rasa stress dari sekolah online
yang berlangsung selama masa pandemi.

Sesuai dengan tema Kuliah Kerja Nyata di Periode Genap 2020/2021 yang mengusung tema Teknologi Infromasi, kami bekerja sama dengan Kelompok KKN Kelurahan A9 dalam pembuatan website yang nantinya akan kami berikan untuk Yayasan Pondok Pesantren Annajiyah. Adapun tujuan pembuatan website ini yaitu untuk meningkatkan kinerja pihak yayasan agar menjadi lebih efektif dan mempermudah proses pelaporan dan pemberian informasi kepada pihak eksternal terkait informasi yayasan, maupun infromasi mengenai pendaftaran penerimaan calon siswa/i baru. Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan di Yayasan Pondok Pesantren Annajiyah ini terdiri dari 9 peserta dari Fakultas yang berbeda. Meskipun melaksanakan Kuliah Kerja Nyata pada masa pandemi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta Kuliah Kerja Nyata untuk mengabdi pada masyarakat dan melaksanakan program kerja yang ada dengan semaksimal mungkin.

Program kerja yang kami lakukan diantaranya belajar mengajar, gotong royong, senam sehat, sosialisasi sampah organik dan non-organik, serta melatih tarian tradisional. Seluruh peserta KKN A8, mengaku senang selama menjalankan Kuliah Kerja Nyata ini karena bisa mengenal lebih dekat masyarakat di Yayasan Pondok Pesantren Annajiyah yang ramah, mendapatkan pengalaman yang baru, serta bisa memberikan motivasi kepada para guru mengenai pentingnya penerapan permainan edukasi dalam proses belajar mengajar. Diakhir kegiatan KKN, kami juga memberikan bingkisan dan serah terima website kepada Ketua Yayasan Pondok Pesantren Annajiyah sebagai bentuk ucapan terima kasih dari peserta KKN Universitas Budi Luhur yang telah berkenan memberikan tempat dan izinnya untuk melaksanakan kegiatan KKN ini.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *