Sosialisasi & Pemberdayaan Lingkungan pada Pandemi Masa Covid-19 Di RT 03/10 Kunciran Indah

Tangerang – Universitas Budi Luhur memiliki pilar dasar Tri Dharma Perguruan tinggi yang harus dijalankan mahasiswa dalam menempuh pendidikannya. Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri atas tiga hal, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Kepada Masyarakat.

Salah satu bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi dari bidang pengabdian masyarakat yaitu dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Universitas Budi Luhur yang merupakan sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan menjadi salah satu Universitas yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa.

Pelaksanaan kuliah kerja nyata dilakukan di wilayah Kelurahan Kunciran selama satu bulan. Tema yang diangkat dalam KKN ini ialah “Sosialisasi dan Pemberdayaan Lingkungan dan Pendidikan Daerah Kelurahan Kunciran Indah untuk era New Normal Covid-19”.

Program ini bertujuan untuk menjalin sosialisasi antara mahasiswa Universitas Budi Luhur kepada masyarakat dan pemberdayaan lingkungan seperti penghijauan lingkungan, penerapan protokol kesehatan serta pola hidup sehat yang akan dilaksanakan guna kepentingan bersama.

Metode yang digunakan dalam KKN ini adalah metode observasi, metode wawancara, serta metode dokumentasi. KKN ini menelan anggaran sebesar 2,68 juta rupiah. Dalam pelaksanaan KKN ini, terbagi ke dalam dua bidang, yaitu bidang seminar, dan gotong royong.

Program kegiatan yang ada di KKN ini diantaranya adalah mengajar, sudut baca, posyandu, membuat tanaman gantung, serta membersihkan lapangan. Kegiatan mengajar dilakukan oleh pengajar secara lisan dengan memberikan penjelasan kepada pemuda dan pemudi mengenai materi yang diberikan.
Sudut baca artinya adalah sebuah tempat atau sudut yang digunakan oleh anak – anak yamg masih bersekolah agar mereka dapat tempat membaca dengan berbagai macam buku yang telah dipersiapkan di lokasi tersebut. Kegiatan posyandu dilakukan dengan membagikan kacang hijau.

Kegiatan membuat tanaman gantung dilakukan dengan tujuan penghijauan di sekitar lapangan di daerah kunciran indah. Kegiatan membersihkan lapangan dilakukan agar dapat membersihkan tumpukan sampah yang sangat banyak di lapangan sehingga masyarakat dapat beraktivitas lagi di lapangan tersebut.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *