Sarasehan Kebudiluhuran ke-8, Menuju Manusia Utama

Jakarta, 20 Juni 2022 – Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti menyelenggarakan sarasehan kebudiluhuran pada 17, 18 & 19 Juni 2022 di Hotel Galuh Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Pendiri Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Drs. Djaetun, HS menyampaikan bahwa Budi Luhur memiliki makna, yaitu “Budi” adalah sikap mental yang keluar melalui mulut (ucapan), bahasa tubuh (sikap raga) dan perbuatan. “Luhur” adalah tinggi (atau paling tinggi) untuk ukuran suatu tingkatan untuk sikap mental (budi). Dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya keluhuran budi seseorang sangat ditentukan oleh ucapan, sikap dan perbuatannya.

“Cerdas berbudi luhur adalah dua hal yang tidak terpisahkan, kecerdasan tanpa dilandasi budi luhur akan
cenderung digunakan untuk membodohi dan mencelakakan orang lain, sebaliknya budi luhur tanpa diimbangi kecerdasan akan merupakan sasaran dan kejahatan penindasan orang lain,” jelas Drs. Djaetun HS.

Kegiatan ini juga memberi bantuan kepada lansia dan anak-anak, Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, MM, M.Sc, menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk Budi Luhur ingin memberikan kebahagiaan.

“Kami berkumpul di sini dengan tujuan untuk memberikan bantuan dan ada kegiatan sarasehan kebudiluhuran Se-Indonesia. Di sini ada dari Nias –  Flores berbagi rejeki dan sama-sama membantu dan berbahagia bersama. Semoga makhluk hidup bahagia semua. Salam Budi Luhur,” ujar Dr. Wendi.

Turut hadir, Rektor Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M, Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Goenawan Brotosaputro, S. Kom., M.Sc, Deputi Rektor Bidang Digitalisasi dan Pengembangan Pembelajaran Dr. Hari Soetanto, S.Kom., M.Sc, Deputi Rektor Bidang Teknologi dan Inovasi Dr. Mardi Hardjianto, M.Kom, dan Kepala Pusat Studi Kebudiluhuran, Dr. Yusran, S.I.P., M.Si.

Acara ini dihadiri sebanyak 96 orang dari 34 lembaga di berbagai daerah seperti Bandung, Surabaya, malang, Lampung, Palembang, Palu, NTT, Nias dll. Selain itu, sarasehan kebudiluhuran ini sudah ke-8 dan mengundang berbagai lembaga yang menggunakan nama Budi Luhur untuk bersilaturahmi bersama.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *