Universitas Budi Luhur Ambil Bagian di Pameran Teknologi Tepat Guna Nusantara

Jakarta, 8 Juni 2023 – Universitas Budi Luhur mengikuti pameran Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV di Lampung. Pameran tersebut jadi ajang pertukaran informasi dan promosi terkait inovasi teknologi tepat guna dari seluruh Provinsi se-Indonesia.

Universitas Budi Luhur menjadi satu-satunya kampus Jakarta yang dipilih Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta mengikuti pameran itu. Budi Luhur membuka stand pameran dengan menampilkan hasil karya dosen dan mahasiswa di bidang teknologi dan lingkungan.

Salah satu inovasi yang ditampilkan ialah Motor Listrik BL-SEV01. Motor listrik ini memiliki tenaga baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere serta mampu menempuh jarak 140 kilometer sekali pengisian daya.

“Motor listrik ini juga mencatat rekor sebagai turing Jakarta-Mandalika dengan jarak tempuh 1.340 kilometer,” ujar Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino melalui keterangan tertulis, Kamis, 8 Juni 2023.

Bank Sampah Budi Luhur juga diikutkan dalam pameran ini dengan menampilkan daur ulang sampah seperti lukisan tulang daun dan kemasan sachet makan minuman menjadi dompet dan tas.

Kemudian, Pompa Hidram juga dipamerkan. Alat ini berfungsi menaikkan air ke tempat lebih tinggi tanpa menggunakan bahan bakar atau listrik dengan mengandalkan aliran sungai. Selanjutnya, Smart Fish Pond yang berfungsi untuk mengontrol pakan ikan, mengontrol air keruh dan memfoto permukaan isi kolam air.

“Dengan adanya pameran teknologi ini menjadi ajang publikasi dan promosi dengan menampilkan hasil karya teknologi lingkungan sehingga dapat dilihat langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Sejumlah pengunjung memuji inovasi yang ditampilkan Universitas Budi Luhur. Salah satunya, Meyer.

“Saya kagum dengan kreativitas Universitas Budi Luhur. Ini satu terobosan dan inovasi yang harus didukung. Pemerintah juga menggalakan kendaran listrik mengurangi emisi dan pemanasan global,” ujar salah satu pengunjung, Meyer.

Senada, pengunjung lainnya, Ziah, menilai inovasi yang diluncurkan kampus Budi Luhur berdampak positif bagi lingkungan. Pelajar SMA mengaku kagum dengan inovasi yang ditampilkan.

“Ini keren banget ada motor listrik, ada sampah daur ulang dan aku lihat keren ini pengalaman saya pertama dan seru banget. Semoga anak muda lebih peduli lagi dengan kemajuan Teknologi dan berkontribusi untuk Indonesia,” kata Ziah.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *