Tim PKM Budi Luhur Kelola Sampah Warga dengan Aplikasi SISA DAPUR

Jakarta, 10 Oktober 2023 – Tim Pelaksana Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Budi Luhur melakukan kegiatan pengolahan sampah organik rumah tangga bersama kelompok ibu-ibu rumah tangga di Desa Wanagiri, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pelaksanaan kegiatan ini diketuai oleh Titin Fatimah dan mendapat dukungan pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun Anggaran 2023.

“Tujuan utamanya adalah untuk membantu mengurangi sampah rumah tangga dan secara umum menciptakan masyarakat yang lebih sadar lingkungan”, ungkap Titin yang juga dosen Fakutlas Teknologi Informasi.

Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga dengan konsep zero waste, dilanjutkan dengan demo memasak menggunakan sisa bahan dapur yang berasal dari sayuran atau buah, dan demonstrasi penggunaan aplikasi SISA DAPUR.

Titin menjelaskan, aplikasi SISA DAPUR menyediakan resep-resep makanan dan minuman yang mudah dibuat dengan memanfaatkan sisa bahan dapur yang berasal dari sayuran atau buah.

Turut hadir pada kegiatan itu Kepala Desa Wanagiri, Solihin yang mengungkapkan bahwa semua kegiatan pengelolaan sampah organik rumah tangga ini memang sangat dibutuhkan oleh warga dan berharap dapat mewujudkan lingkungan yang bebas sampah.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *