UBL & Pramuka Tangsel Luncurkan Program Pencegahan Kekerasan Seksual

Jakarta, 6 Juni 2024 – Universitas Budi Luhur menjadi tuan rumah peluncuran dan pembukaan “Safe from Harm Educational Roadshow Goes to School” pada Rabu, 5 Juni 2024.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Studi Global, Dr. Yusran menyampaikan, Gerakan Pramuka harus terus digalakan untuk menciptakan manusia yang berkepribadian, memiliki mental dan moral yang baik serta menerapkan nilai-nilai kebudiluhuran di kehidupan sehari-hari.

“Gerakan Pramuka adalah bagian dari sejarah penting Indonesia. Kita harapkan kolaborasi seperti ini dapat menjalin banyak kerjasama kedepannya lagi dalam menciptakan hal-hal positif bagi peserta didik,” ujar Dr. Yusran.

Kepala Program Studi Kriminologi Lucky Nurhadiyanto, M.Si mengatakan, acara ini digelar agar para pemuda menjaga diri dari berbagai ancaman baik secara mental maupun fisik.

“Kriminologi telah banyak melakukan kolaborasi dengan Gerakan Pramuka, salah satunya adalah kegiatan Roadshow Safe from Harm ini di 12 titik lokasi. Harapannya ini bukan hanya menciptakan kepedulian lebih dalam menciptakan ruang aman bagi peserta didik, namun kedepannya dapat tercipta satgas anti pelecehan seksual di lingkungan sekolah,” ujar Lucky.

Kegiatan ini dimulai dengan proses registrasi, diikuti oleh upacara menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Budi Luhur, serta penampilan tari, yang dihadiri oleh para guru dan pembina pramuka dari 11 sekolah dan Dewan Kerja Ranting Pamulang yang akan menjadi titik lokasi Roadshow.

Selanjutnya, kegiatan inti dari acara ini adalah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dr. Yusran dan Hajar Nabilah Ar Rasyidah, Ketua Terpilih Dewan Kerja Cabang Kota Tangerang Selatan Periode 2024-2029, serta penandatanganan Rencana Implementasi Kerja Sama (Implementation Arrangement/IA) oleh Lucky Nurhadiyanto dengan perwakilan dari 11 lokasi sekolah SMA/K Sederajat dan Dewan Kerja Ranting Pamulang.

Hajar Nabilah Ar Rasyidah menambahkan, “Alhamdulillah, antusiasme para peserta didik SMA/K Sederajat dalam hal ini penegak dan panega di Kota Tangerang Selatan sangat besar. Safe from Harm adalah sebuah inisiasi dari Kepanduan Pramuka Dunia dan harapannya semangat dalam menciptakan ruang aman bagi peserta didik di lingkungan Gerakan Pramuka dapat juga diciptakan melalui kegiatan ini.”

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari kolaborasi antara Fakultas Ilmu Sosial dan Studi Global Universitas Budi Luhur dengan Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang Selatan. Acara diakhiri dengan penyampaian materi oleh para dosen dan mahasiswa tentang keterkaitan kegiatan Kriminologi dengan Safe from Harm dalam Gerakan Pramuka, sesi foto bersama, dan pengarahan makan bersama.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *